Kenapa Bluetooth Nyala Sendiri Dan Tidak Bisa Dimatikan?

Daftar Isi

Aksesia.com Kenapa Bluetooth Nyala Sendiri Dan Tidak Bisa Dimatikan? Inilah Cara Mematikan Bluetooth Yang Tidak Bisa Dimatikan – Seperti yang kita tahu bahwa Bluetooth merupakan salah satu fitur yang sangat berguna untuk saling berbagi data ataupun untuk menghubungkan perangkat satu ke perangkat lainnya (sinkronisasi data).

Meskipun saat ini sudah ada Wifi yang bisa dipakai untuk berbagi data dan sinkronisasi data yang lebih cepat, namun nyatanya Bluetooth juga masih banyak dipakai pada perangkat lainnya.

Meskipun begitu, ada banyak sekali orang yang mencari informasi di internet tentang cara mematikan Bluetooth yang tidak bisa dimatikan di HP Vivo, Oppo, Xiaomi dan Android lainnya serta HP iPhone.

Hal itu dilakukan karena mereka sedang mengalami masalah Bluetooth yang nyala sendiri dan tidak mengetahui apa yang menjadi penyebab kenapa Bluetooth nyala sendiri.

Untuk itu saya di sini saya akan memberikan solusi dengan menunjukkan tentang bagaimana cara mengatasi Bluetooth nyala sendiri di HP Vivo, Xiaomi, Oppo dan yang lainnya.

Baca juga:

Kenapa Bluetooth Nyala Sendiri Dan Tidak Bisa Dimatikan? Inilah Cara Mematikan Bluetooth Yang Tidak Bisa Dimatikan Di HP Android Dan iPhone

Kenapa Bluetooth Nyala Sendiri Dan Tidak Bisa Dimatikan

Apa Yang Menjadi Penyebab Kenapa Bluetooth Tidak Bisa Dimatikan?

Berikut ini informasi tentang beberapa penyebab kenapa Bluetooth nyala sendiri dan tidak bisa dimatikan.

1. Terdapat Aplikasi Startup Yang Membutuhkan Bluetooth

Apabila Bluetooth nyala sendiri di HP Android dan iPhone, maka mungkin saja hal itu disebabkan oleh adanya aplikasi startup yang membutuhkan akses Bluetooth.

Buat kalian yang belum tau apa itu aplikasi startup. Aplikasi startup adalah sebuah aplikasi yang berjalan secara otomatis ketika perangkat mulai dinyalakan. Sehingga aplikasi tersebut dapat terus berjalan di latar belakang tanpa harus dibuka terlebih dahulu.

Hal itulah yang menjadi penyebab kenapa Bluetooth tidak bisa dimatikan. Solusinya adalah dengan mematikan aplikasi startup pada pengaturan.

2. Adanya Perangkat Bluetooth Yang Sedang Terhubung

Saat ini ada banyak sekali perangkat tanpa kabel yang bisa terhubung melalui Bluetooth, diantaranya ialah speaker, headset, earphone, mouse, keyboard, printer, scanner, laptop dan sebagainya.

Apabila HP kalian mengalami Bluetooth tidak bisa dimatikan, maka mungkin saja terdapat perangkat yang sedang terhubung dengan Bluetooth di HP kamu. Hal itulah yang menjadi penyebab kenapa Bluetooth hidup sendiri dan tidak bisa dimatikan.

Meskipun begitu, hal itu adalah termasuk bug atau eror yang umumnya dapat terjadi pada Bluetooth karena telah dinyalakan terlalu lama. Solusi terbaik adalah restart perangkat tersebut.

3. Fitur GPS Sedang Aktif

Pada jenis smartphone Android terbaru saat ini biasanya saat mengaktifkan fitur GPS harus menyalakan Bluetooth untuk meningkatkan akurasi lokasi.

Beberapa aplikasi yang membutuhkan GPS dan Bluetooth yang aktif secara bersamaan ialah Shareit, Zapya dan aplikasi file transfer lainnya. Untuk itu kalian bisa mengatur settingan GPS untuk cara mematikan bluetooth yang hidup sendiri.

4. Terdapat Bug Pada Sistem Operasi Android

Kenapa Bluetooth nyala sendiri dan tidak bisa dimatikan? Hal itu disebabkan oleh bug yang terdapat sistem Operasi Android maupun IOS di HP kamu. Dan untuk cara mengatasi Bluetooth nyala sendiri karena adanya bug di OS adalah dengan melakukan update OS dari developer dan reset jaringan di HP kamu.

5. Terdapat Bug Pada Aplikasi

Jika sistem operasi di HP kamu tidak mengalami masalah, maka mungkin saja di HP kamu terdapat aplikasi yang sedang eror atau terdapat bug yang belum diperbaiki.

Hal itulah yang bisa menjadi penyebab kenapa bluetooth nyala sendiri dan kenapa Bluetooth tidak bisa dimatikan.

Untuk cara mematikan bluetooth yang tidak bisa dimatikan, kita bisa mengupdate ataupun mencopot aplikasi tersebut. Dan jika kalian tidak ingin mencopotnya, maka kalian bisa memilih opsi Berhentikan Aplikasi Berjalan.

Baca juga:

Inilah Cara Mematikan Bluetooth Yang Tidak Bisa Dimatikan Di Android Dan iPhone

Setelah mengetahui penyebab kenapa bluetooth tidak bisa dimatikan, maka kita bisa mencoba cara mematikan Bluetooth yang hidup sendiri dan tidak bisa dimatikan melalui petunjuk di bawah ini.

1. Paksa Berhenti Aplikasi Berjalan

Solusi pertama untuk cara mengatasi bluetooth nyala sendiri dan tidak bisa dimatikan adalah dengan memaksa berhenti aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Caranya mudah sekali, masuk ke menu “Pengaturan > Aplikasi > Daftar Aplikasi” lalu pilih aplikasi yang mau dihentikan, lalu pilih opsi “Paksa Berhenti“.

Aplikasi yang harus kalian hentikan adalah jenis aplikasi yang membutuhkan akses Bluetooth, contohnya seperti Shareit, Zapya, dan sejenisnya.

2. Restart Perangkat

Solusi terbaik untuk cara mematikan Bluetooth yang tidak bisa dimatikan di Android dan iPhone adalah dengan merestart perangkat tersebut.

Fungsi restart pada HP dapat berguna untuk merefresh data dan fungsi aplikasi yang sedang berjalan. Sehingga hal ini dapat menjadi solusi kenapa Bluetooth nyala sendiri dan tidak bisa dimatikan yang paling mudah untuk dilakukan.

3. Paksa Berhenti Dan Bersihkan Data Bluetooth

Solusi yang lainnya untuk cara mengatasi Bluetooth nyala sendiri dan tidak bisa dimatikan yaitu dengan melakukan Paksa Berhenti dan Bersihkan Data pada menu aplikasi Bluetooth.

Kenapa Bluetooth Nyala Sendiri Dan Tidak Bisa Dimatikan
Cara mematikan Bluetooth yang tidak bisa dimatikan dengan paksa berhenti

Untuk caranya adalah dengan masuk ke menu “Pengaturan > Aplikasi > Daftar Aplikasi > Tampilkan Sistem > Bluetooth” Setelah itu pilih opsi “Paksa Berhenti” dan “Hapus data“.

4. Ubah Pengaturan GPS

Kenapa Bluetooth nyala sendiri dan tidak bisa dimatikan? Mungkin hal itu dikarenakan pengaturan GPS di perangkatmu mengaktifkan opsi peningkatan akurasi lokasi.

Kenapa Bluetooth Nyala Sendiri Dan Tidak Bisa Dimatikan 2
Cara mematikan Bluetooth yang tidak bisa mati dengan mengatur GPS

Untuk cara mematikan Bluetooth yang hidup sendiri, silakan atur settingan GPS kamu dengan masuk ke menu “Pengaturan > Informasi Lokasi“. Setelah itu pilih “Pemindaian Wifi dan Bluetooth” lalu nonaktifkan opsi “Pemindaian Bluetooth“.

Selanjutnya kalian masuk kembali lagi ke menu “Informasi Lokasi” kemudian pilih menu “Akurasi Lokasi Google” lalu nonaktifkan “Tingkatkan Keakuratan Lokasi“.

5. Reset Jaringan

Apabila cara sebelumnya masih tidak membuahkan hasil, maka cara berikutnya adalah dengan melakukan reset jaringan.

Dengan melakukan reset jaringan, maka hal itu dapat mengembalikan semua data pengaturan jaringan data seluler, Wifi, Bluetooth. Sehingga hal ini menjadi solusi kenapa Bluetooth nyala sendiri dan tidak bisa dimatikan.

Cara Mematikan Bluetooth Yang Tidak Bisa Dimatikan Di Android Dan Iphone
Cara mematikan Bluetooth yang tidak bisa dimatikan dengan reset jaringan

Untuk cara reset jaringan di Android silakan masuk menu “Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Cadangkan dan reset > Cadangkan & pulihkan > Reset pengaturan jaringan” lalu ikuti petunjuk sesuai yang ada.

6. Unroot HP Kamu

HP atau perangkat yang telah diroot biasanya sering mengalami eror termasuk pada Bluetooth. Hal itulah yang bisa menjadi alasan kenapa Bluetooth nyala sendiri dan tidak bisa dimatikan.

Maka dari itu untuk mengatasi masalah tersebut ialah kalian harus melakukan unroot.

7. Update OS

Alasan kenapa Bluetooth hidup sendiri dan tidak bisa dimatikan juga bisa disebabkan oleh adanya bug pada OS Android ataupun IOS.

Solusi terbaik untuk cara mematikan Bluetooth yang hidup sendiri karena bug pada OS adalah dengan melakukan update OS yang telah disediakan oleh masing-masing developer.

Cara mengatasi Bluetooth nyala sendiri dan tidak bisa dimatikan dengan update OS (capt)

Untuk melakukan Update OS di Android caranya sangat mudah sekali, kalian cukup masuk ke menu “Pengaturan > Pembaruan perangkat lunak > Unduh sekarang“.

Tetapi sebelum kalian melakukan update OS, pastikan kalian memiliki kuota internet yang cukup dan stabil, serta pastikan persentase baterai HP kamu berada di atas 80% untuk menghindari gagal update.

8. Factory Reset

Seharusnya setelah mengikuti semua cara mematikan Bluetooth yang tidak bisa dimatikan di Android dan iPhone di atas, Bluetooth pada HP kita dapat kembali normal.

Namun apabila Bluetooth HP kita masih eror, maka cara terakhir adalah dengan melakukan Factory Reset atau mengembalikan perangkat ke setelan pabrik.

Untuk melakukan Factory Reset, terdapat resiko yang harus dipertimbangkan. Sebab setelah melakukan Factory Reset, semua data dan aplikasi yang ada tersimpan pada perangkatmu akan hilang karena dihapus. Sehingga data memori internal HP kamu akan kosong dan kembali seperti HP baru.

Jadi, sebelum memulai Factory reset, pastikan kalian telah melakukan backup data-data yang menurutmu sangat penting.

Berikut cara melakukan Factory Reset. Buka menu “Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Cadangkan dan reset > Cadangkan & pulihkan > Hapus semua data“, lalu ikuti petunjuk yang ada.

Itulah penjelasan lengkap tentang Kenapa Bluetooth Nyala Sendiri Dan Tidak Bisa Dimatikan? Inilah Cara Mematikan Bluetooth Yang Tidak Bisa Dimatikan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan memberikan solusi yang terbaik.

Postingan Sebelumnya Postingan Selanjutnya
Postingan Terkait

Postingan Populer

Tutorial Smartphone Dan PC

Tips Melamar Kerja

DMCA Protected

DMCA.com Protection Status

Copyright © 2021 - 2024 Aksesia.com | Developed By Aksesia.Com
Iklan Lazada
Join Channel Lowongan Kerja