Penyebab Kenapa HP Tiba-Tiba Mati Total Dan Tidak Bisa Dicas

Daftar Isi

Aksesia.com Penyebab Kenapa HP Tiba-Tiba Mati Total Dan Tidak Bisa Dicas Batre Tanam Beserta Cara Mengatasinya – HandPhone atau HP merupakan sebuah perangkat elektronik yang bisa digunakan untuk berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa kabel.

Karena perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti saat ini, HP telah berevolusi menjadi smartphone (ponsel pintar) yang dimana dapat digunakan untuk mendukung berbagai macam aktivitas sehari-hari. Diantaranya seperti untuk transaksi online, melakukan promosi, mengakses informasi, dan sebagainya.

Karena HP memiliki peran yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari, sehingga masalah HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas dapat menjadi persoalan yang serius, terlebih lagi jika HP tersebut dipakai untuk keperluan bisnis yang menyimpan banyak kontak, chat, dan data penting lainnya.

Apabila kalian mengalami masalah HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas baterai tanam maupun removable, maka kalian bisa membaca postingan ini untuk mengetahui penyebab HP mati total mendadak.

Baca juga: Kenapa Bluetooth Nyala Sendiri Dan Tidak Bisa Dimatikan?

Harus Tau! Inilah Penyebab Kenapa HP Tiba-Tiba Mati Total Dan Tidak Bisa Dicas Beserta Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas

Penyebab Kenapa HP Tiba-Tiba Mati Total Dan Tidak Bisa Dicas

Sebenarnya cara mengatasi HP mati total tidak bisa dicas dapat diatasi apabila diketahui penyebabnya. Selain itu ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab kenapa HP tiba-tiba mati sendiri dan tidak bisa hidup lagi.

Untuk penjelasannya, berikut ini akan saya sajikan informasi tentang berbagai macam penyebab HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas batre tanam ataupun removable.

Penyebab Kenapa HP Tiba-Tiba Mati Total Dan Tidak Bisa Dicas Batre Tanam (Non Removable) Dan Batre Lepas (Removable)

1. Umur HP Sudah Tua

Setiap perangkat elektronik tentunya memiliki batas waktu penggunaan yang optimal, hal ini juga berlaku pada HP.

Umumnya apabila sebuah HP telah melewati masa pemakaian selama 2 tahun, maka kinerja HP tersebut akan menurun karena komponen tersebut sudah tua. Dan yang paling parah adalah HP Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung atau Android lainnya tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas batre tanam dan baterai lepas.

2. Kerusakan Software Atau Bug Sistem

Software merupakan bagian penting pada HP, sebab melalui software inilah pengguna dapat mengoperasikan perangkatnya.

Apabila software pada sistem operasi Android kalian mengalami masalah seperti terkena virus, gagal update sistem, data eror dan sebagainya. Maka hal itu juga bisa menjadi penyebab HP mati total mendadak.

Cara mengatasi HP mati total tidak bisa dicas baterai tanam karena kerusakan software yaitu biasanya dapat diatasi dengan cara flashing. Dan resikonya semua data Android akan hilang.

3. HP Sering Mengalami Overheat

Salah satu penyebab HP mati sendiri dan tidak bisa hidup lagi adalah karena HP tersebut sering mengalami overheat.

Masalah overheat ini biasanya disebabkan karena si pemilik HP menggunakannya secara terus-menerus tanpa henti, sehingga hal itu membuat komponen yang ada di dalam HP menjadi panas berlebihan.

Menyimpan HP di tempat yang memiliki suhu tinggi juga bisa membuat HP cepat overheat.

Baca juga: Apa Itu LCD HP? Apa Efek Samping Resiko Ganti LCD HP?

4. Baterai HP Rusak Dan Tidak Memiliki Daya

Penyebab kenapa HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas selanjutnya ialah disebabkan oleh baterai HP yang rusak dan tidak memiliki daya lagi.

Ada berbagai faktor yang bisa membuat baterai HP rusak, diantaranya ialah sering menggunakan HP hingga baterai drop dan memakai HP saat dicas.

5. IC Power HP Rusak

IC power merupakan sebuah komponen HP yang berfungsi untuk menyalurkan daya dari baterai ke komponen lainnya. Sehingga apabila IC power HP mengalami kerusakan, maka HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas batre tanam ataupun removable.

6. Konektor Charger Rusak Dan Tidak Bisa Dicas

Apabila kalian ingin tau kenapa HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas batre tanam, mungkin hal itu disebabkan oleh konektor charger HP kamu telah rusak. Sehingga HP tersebut tidak bisa mengisi daya walaupun ganti charger.

Cara mengatasi HP mati total tidak bisa dicas baterai tanam ialah membawanya ke tukang servis untuk ganti komponennya.

7. Penggunaan Charger Yang Tidak Sesuai

Apabila kalian sering menggunakan charger yang tidak sesuai dengan tipe HP tersebut maka berhati-hatilah.

Sebab memakai charger HP yang tidak cocok bisa mengakibatkan baterai dan sistem HP menjadi eror atau tidak sinkron, hal inilah yang bisa membuat kenapa HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada.

8. HP Mengalami Korsleting

Apakah kalian memakai tipe charger HP yang tidak sesuai? Apakah kalian sering menggunakan HP ketika dicas? Apakah kalian sering mengecas HP lewat laptop atau komputer?.

Apabila kalian sering melakukan hal itu, maka kalian harus menghentikan kebiasaan tersebut. Sebab hal itu bisa membuat HP mengalami korslet karena adanya penggunaan daya HP yang tidak stabil.

9. Terjatuh Atau Terkena Air

Untuk menyimpan sebuah HP maka kita harus memastikan tempat tersebut adalah tempat yang aman, sebab barang elektronik seperti HP sangat sensitif oleh kondisi lingkungan di sekitarnya.

Oleh karena itu kita harus menghindari menyimpan HP di tempat yang lembab, panas, banyak guncangan ataupun goresan. Terlebih lagi apabila HP tersebut sering terjatuh ataupun terkena air, maka hal itu sangat mungkin menjadi penyebab kenapa HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas lantaran terjadi korslet.

10. Adanya Kesalahan Akibat Modifikasi Sistem

Penyebab HP mati sendiri dan tidak bisa hidup lagi juga bisa berasal dari adanya kesalahan akibat modifikasi sistem.

Seperti yang kita ketahui, karena Android merupakan sebuah OS yang bersifat open source maka banyak pengguna yang melakukan modifikasi sistem. Diantaranya seperti Root Android maupun costum ROM yang bertujuan untuk mendapatkan kinerja Android yang lebih baik dan tampilan yang unik.

Baca juga: Cara Mengganti Keyboard WA Tanpa Aplikasi Di Semua HP Android

Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas Baterai Tanam Dan Baterai Lepas

Setelah mengetahui penyebab kenapa HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas, maka kita bisa mencari solusi yang tepat untuk cara mengatasi HP mati sendiri dan tidak bisa hidup lagi.

1. Isi Daya Baterai HP

Cara mengatasi HP mati total baterai tanam dapat dilakukan dengan mengisi daya baterai HP tersebut.

Metode ini sangat ampuh sebagai solusi untuk cara mengatasi HP mati tapi bergetar, yang dimana hal ini diakibatkan karena si pemilik HP jarang memakai HP tersebut sehingga lupa untuk mengisi daya.

Perlu kalian ketahui, bahwa daya HP Android akan terus terpakai selama HP tersebut masih menyala atau dalam mode siaga. Sehingga hal inilah yang dapat menjadi penyebab kenapa HP tiba tiba mati total dan tidak bisa dicas untuk sementara waktu.

2. Periksa Kabel Dan Adaptor Charger

Tips selanjutnya untuk cara mengatasi HP mati total dan tidak bisa dicas ialah dengan memeriksa kabel dan adaptor charger tersebut.

Sehingga kalian harus mencoba charger tersebut untuk digunakan ke HP lain, supaya kita dapat mengetahui apakah charger itu masih dapat berfungsi atau tidak.

Baca juga: Cara Print Lewat HP Tanpa Kabel Dengan Wifi Di Android

3. Tes Dengan Charger Tipe Lain

Cara mengatasi HP mati total dan tidak bisa dicas baterai tanam juga bisa diatasi dengan mencoba charger tipe lain. Dengan begitu maka kita bisa mengetahui, apakah chargernya yang bermasalah ataukah konektor charger HPnya yang bermasalah.

Jika berhasil mengisi daya dengan charger tipe lainnya, maka charger lama bermasalah. Namun apabila HP tersebut masih tidak dapat mengisi daya dengan charger tipe lain, maka konektornya mengalami kerusakan dan harus segera diperbaiki atau diganti.

4. Gunakan Charger Desktop

Kalian bisa menggunakan charger desktop (cas kodok) untuk mengetahui apakah baterai HP tersebut masih bisa berfungsi atau tidak. Cara ini hanya bisa diterapkan pada HP yang support removable baterai.

5. Coba Gunakan Baterai Lain

Apabila HP kamu termasuk jenis baterai removable yang mendukung untuk lepas baterai, maka kalian bisa mengujinya dengan memakai baterai HP lainnya. Dengan begitu maka kita bisa mengetahui apakah baterainya eror atau tidak, atau justru terdapat kerusakan pada IC power HP tersebut.

6. Factory Data Reset Melalui Factory Mode

Penyebab Kenapa HP Tiba-Tiba Mati Total Dan Tidak Bisa Dicas 2
Tampilan menu Factory Data Reset di Factory Mode HP Infinix Smart 2

Cara mengatasi HP mati total tidak bisa dicas masih bisa diperbaiki asalkan HP tersebut mengalami bootloop. Bootloop adalah sebuah kerusakan yang terjadi karena HP hanya bisa menyala di logo Android dan merk HP, sehingga si pengguna HP tidak dapat memasuki layar utama atau beranda HP.

Untuk mengatasi HP Bootloop, kita bisa memperbaikinya sendiri dengan melakukan Factory Data Reset (Wipe Data dan Wipe Cache) melalui fitur Factory Mode.

Untuk membuka Factory Mode, umumnya kita hanya perlu menekan tombol “Power + Volume Up + Volume Down” secara bersamaan hingga masuk kedalam tampilan Factory Mode.

Perlu kalian ketahui, melakukan Factory Data Reset dapat menghapus semua data yang ada di dalam HP tersebut. Sehingga kalian harus mempertimbangkan resiko tersebut sebelum mencoba cara ini.

Baca juga: Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power Jika Tombol Power Rusak

7. Keringkan Dan Bersihkan HP Apabila Terkena Air

Apabila penyebab kenapa HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas diakibatkan karena terkena air, maka cara mengatasinya ialah dengan mengeringkan dan membersihkan HP tersebut.

8. Flashing HP

Flashing HP Android merupakan sebuah solusi paling ampuh untuk cara mengatasi HP mati total dan tidak bisa dicas baterai tanam. Dengan melakukan flashing maka kita bisa mengatasi HP bootloop, custom ROM eror, menghapus virus, bypass verifikasi akun Google dan eror lainnya.

Namun untuk melakukan flashing, kita memerlukan PC dan juga software khusus supaya dapat melakukan flashing Android. Untuk caranya kalian bisa melihat panduannya di Google pencarian.

9. Bawa Ke Tempat Servis

Walaupun kita sudah mengetahui penyebab kenapa HP tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas, terkadang kita terkendala oleh kurangnya alat dan tidak adanya komponen pengganti untuk memperbaikinya. Sehingga mau tidak mau kita harus membawanya ke tempat servis HP sebagai solusi untuk cara mengatasi HP mati total tidak bisa dicas.

Untuk servis HP, pastikan kalian memilih ke tempat servis HP yang telah terpercaya dan berpengalaman. Lebih bagus lagi jika kalian membawanya ke servis center sesuai merk HP tersebut.

Itulah informasi lengkap mengenai Penyebab Kenapa HP Tiba-Tiba Mati Total Dan Tidak Bisa Dicas Beserta Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas. Semoga informasi informasi ini dapat menambah wawasan dan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah pada HP kamu.

Postingan Sebelumnya Postingan Selanjutnya
Postingan Terkait

Postingan Populer

Tutorial Smartphone Dan PC

Tips Melamar Kerja

DMCA Protected

DMCA.com Protection Status

Copyright © 2021 - 2024 Aksesia.com | Developed By Aksesia.Com
Iklan Lazada
Join Channel Lowongan Kerja