Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengunci Perangkat Tertaut Di WA Agar Tidak Bisa Disadap

Aksesia.com Cara Mengunci Perangkat Tertaut Di WA Agar Tidak Bisa Disadap Atau Dibuka Orang Lain - Baru-baru ini, penyadapan WhatsApp marak terjadi. Biasanya, pelaku memanfaatkan celah keamanan untuk mendapatkan keuntungan dari akun WhatsApp korban. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memahami cara mengunci WA agar tidak bisa dibuka orang lain.

Banyak modus yang bisa dilakukan untuk menyadap WhatsApp, yang paling sering adalah meminta korban untuk menyebutkan OTP. Kemudian pelaku akan mengambil alih akun. Ada juga yang memanfaatkan perangkat tertaut di WhatsApp.

Baca juga:

Bagaimana Cara Mengunci WA Agar Tidak Bisa Dibuka Orang Lain Ataupun Disadap? Inilah Cara Mengunci Perangkat Tertaut Di WhatsApp

Supaya hal-hal buruk tidak terjadi pada WhatsApp milikmu, sebaiknya perhatikan tutorial yang akan disampaikan di bawah ini. Setelah memahaminya, kamu bisa langsung mempraktikkannya agar WhatsApp lebih aman.
Cara Mengunci Perangkat Tertaut Di WA Agar Tidak Bisa Disadap Atau Dibuka Orang Lain
Fitur keamanan di pengaturan aplikasi WhatsApp

1. Cara Lock WhatsApp Dengan Fingerprint Atau FaceID

WhatsApp menyediakan salah satu fitur keamanan agar aplikasi tidak bisa dibuka oleh sembarang orang. Kamu bisa mengunci aplikasi WhatsApp, sehingga untuk membukanya hanya bisa menggunakan fingerprint/TouchID atau FaceID.

Untuk mengaktifkan opsi keamanan tersebut di WhatsApp Android, kamu bisa mengikuti cara mengunci WA tanpa aplikasi yang akan admin Aksesia.com sampaikan berikut ini.
  1. Buka aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone Android kamu.
  2. Ketuk "titik tiga" yang ada di bagian atas halaman untuk menampilkan menu.
  3. Setelah itu pilih menu "Pengaturan".
  4. Kemudian klik pada menu "Akun".
  5. Sekarang pilih "Privasi".
  6. Scroll ke bawah dan klik pada menu "Fingerprint Lock" atau "Kunci Sidik Jari".
  7. Aktifkan toggle pada opsi "Unlock with fingerprint".
  8. Letakkan jari kamu di sensor fingerprint untuk kebutuhan verifikasi.
  9. Selanjutnya pilih opsi untuk mengunci otomatis, untuk alasan keamanan sebaiknya pilih Immediately. Tapi kamu juga bisa memilih 1 minute, 15 minutes, atau 60 minutes.

Khusus untuk pengguna WhatsApp di iOS atau iPhone, ikuti cara mengunci WA di bawah ini.
  1. Buka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.
  2. Kemudian klik Settings yang letaknya ada di sudut kanan bawah.
  3. Pilih menu Account dan lanjutkan dengan mengeklik Privacy.
  4. Scroll ke bawah dan klik pada menu ScreenLock.
  5. Klikatau geser toggle pada opsi Reguire TouchID/Face ID.
  6. Pilih salah satu opsi waktu untuk mengaktifkan lock screen, pilih salah satu antara immediately, 1 menit, 15 menit, atau 1 jam.

Saat opsi keamanan ini diaktifkan, kamu juga akan diminta buka kunci untuk menautkan perangkat WhatsApp. Dengan begitu, tidak semua orang bisa menautkan akun kamu ke WhatsApp Web mana pun.

2. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Cara mengunci WA agar tidak bisa disadap berikutnya adalah mengaktifkan opsi verifikasi dua langkah. Jika diaktifkan, pengguna harus membuat password yang akan digunakan ketika login ke WhatsApp.

Jadi, ada 2 langkah verifikasi. Pertama adalah menggunakan kode OTP melalui SMS. Kedua yaitu menggunakan password yang sudah dibuat pengguna. Cara mengaktifkan verifikasi dua langkah bisa dilihat di bawah ini.
  1. Buka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu dengan cara mengeklik ikonnya.
  2. Setelah masuk, klik pada "titik tiga" kemudian klik pada menu "Settings".
  3. Lanjutkan dengan memilih menu "Account".
  4. Sekarang klik pada "Two Step Verification" atau "Verifikasi dua langkah".
  5. Pilih opsi "Enable" untuk mengaktifkannya.
  6. Kamu akan diminta untuk membuat kode rahasia 6 digit.
  7. Masukkan ulang kode tersebut untuk verifikasi.
  8. Tulis alamat email kamu yang masih aktif untuk pemulihan kalau lupa kode rahasia.

3. Disconnect Perangkat Tertaut

Ingin gunakan WhatsApp pada perangkat lain? Hal ini mungkin saja dilakukan menggunakan fitur WhatsApp Web. Kamu bisa membuka chat atau melakukan panggilan melalui laptop, PC, bahkan smartphone lain.

Namun fitur WhatsApp Web ini kerap disalahgunakan untuk pembajakan. Oleh karena itu, kamu perlu mengantisipasinya dengan cara disconnect perangkat tertaut. Berikut tutorialnya.
  1. Pertama, kamu harus buka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.
  2. Kemudian buka menu dengan cara klik "tombol titik tiga" untuk membuka menu WhatsApp.
  3. Selanjutnya klik pada opsi "Linked Device" atau "Perangkat tertaut".
  4. Berikutnya, perangkat yang terhubung dengan akun WhatsApp kamu akan ditampilkan di layar tersebut.
  5. Klik pada salah satu nama perangkat, selanjutnya klik "Log Out".
  6. Ulangi langkah tersebut jika masih ada perangkat lain yang terhubung dengan WhatsApp. 

4. Reinstall WhatsApp

Cara mengunci perangkat tertaut di WA berikutnya adalah dengan melakukan reinstall aplikasi. Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu uninstall aplikasi WhatsApp yang sudah ada di smartphone.

Dengan uninstall aplikasi, secara otomatis data-data kamu di WhatsApp juga akan hilang. Termasuk perangkat yang tertaut di akun.

Setelah proses uninstall telah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah meng-install kembali aplikasi WhatsApp. Kamu hanya perlu mencarinya di Play Store maupun App Store.

Setelah menginstal aplikasi, login atau masuklah ke akun WhatsApp seperti biasa. Dengan cara ini, semua data perangkat yang pernah terhubung ke akun WhatsApp kamu akan kehilangan aksesnya. Sehingga tidak ada lagi yang membajak akunmu.

Baca juga:

5. Hapus Akun WhatsApp

Menghapus akun merupakan alternatif cara mengunci perangkat tertaut di WA. Opsi ini merupakan cara terbaik kalau akun kamu sudah pernah dibajak dan disalahgunakan. Untuk menghapus akun di WhatsApp, ikuti langkah-langkah yang akan disampaikan di bawah ini.
  1. Langkah paling awal yang harus dilakukan adalah buka aplikasi WhatsApp.
  2. Langsung saja masuk ke "Settings",
  3. Kemudian pilih menu "Account".
  4. Sekarang klik "Delete my account".
  5. Masukkan nomor WhatsApp kamu.
  6. Lanjutkan dengan mengeklik tombol merah bertulisan "Delete my account" kalau kamu sudah yakin.

6. Cara Menghapus Akun Whatsapp Tanpa Login

Untuk kalian yang tidak punya akses ke WhatsApp milikmu karena telah dibajak dan ingin menghapus akunnya, maka kamu bisa langsung menghubungi support service WhatsApp.
  1. Hubungi pihak WhatsApp melalui alamat email berikut "support@WhatsApp.com".
  2. Masukkan "Lost/Stolen, Please Delete My Account" di bagian subjek saat menulis email. Kamu juga bisa menggunakan bahasa Indonesia di subjek email, yaitu  "Hilang/Dicuri. Silakan Hapus Akun Saya".
  3. Ceritakan kronologi bagaimana kamu kehilangan akun WhatsApp tersebut secara jelas dan lengkap. Sertakan bukti jika kamu adalah pemilik asli akun WhatsApp tersebut.

Dengan cara menghapus akun, perangkat yang sudah tertaut dengan akun WhatsApp akan kehilangan akses. Selain itu, data kamu juga akan terhapus.

Sehingga kamu bisa mendaftar WhatsApp dengan nomor baru. Jika masih ingin menggunakan nomor lama juga tidak masalah, tapi sebaiknya tunggu sampai situasinya benar-benar aman.

Dari penjelasan Cara Mengunci Perangkat Tertaut Di WA Agar Tidak Bisa Disadap Atau Dibuka Orang Lain di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mengunci atau memutuskan sambungan perangkat tertaut di WA bisa dilakukan dengan 5 cara. Kamu bebas untuk memilih satu cara yang menurutmu paling mudah.

Posting Komentar untuk "Cara Mengunci Perangkat Tertaut Di WA Agar Tidak Bisa Disadap"