Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengunci WhatsApp (WA) Dengan Sidik Jari Tanpa Aplikasi

Cara Mengunci WhatsApp (WA) Dengan Sidik Jari Tanpa Aplikasi - WhatsApp menjadi salah satu sosial media yang banyak digunakan di seluruh dunia. Aplikasi ini juga menyajikan fitur andalan seperti penguncian dengan sidik jari.

Lalu, bagaimana cara mengunci WA dengan sidik jari?. Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Hal utama yang harus diketahui adalah pastikan kamu sudah memiliki WhatsApp versi terbaru. Kamu juga bisa mengaktifkan fitur sidik jari ini melalui pengaturan ponselmu. Untuk lebih jelasnya, kamu wajib menyimak informasi berikut ini.

Bagaimana Cara Membuat Sidik Jari Di WA?
Sidik jari adalah salah satu fitur keamanan yang sudah mulai diterapkan di ponsel pintar. Tidak hanya itu, kini sudah banyak pula aplikasi sosial media yang menggunakan fitur keamanan ini dalam pengaturan keamanan aplikasinya.

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang menerapkan fitur keamanan ini. Mungkin, sebagian dari kalian sudah tahu tentang fitur terbaru WA ini. Sebagai aplikasi berbagi pesan, WA menerapkan tingkat keamanan berlapis dalam aplikasinya.

Fitur sidik jari, memungkinkan pesan-pesan yang ada di WA kamu tidak mudah dibaca oleh orang lain. Agar kamu bisa menerapkan fitur keamanan ini, simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga:

Cara Mengunci WhatsApp (WA) Dengan Sidik Jari Tanpa Aplikasi Agar Tidak Bisa Dibuka Orang Lain Atau Disadap

Cara Mengunci WhatsApp (WA) Dengan Sidik Jari Tanpa Aplikasi

1. Cara Mengaktifkan Sidik Jari Di WhatsApp

Sebelum kamu ingin mengaktifkan fitur sidik jari ini, kamu harus memastikan dua hal. Hal pertama, fitur ini hanya ada dan bisa digunakan untuk pemilik ponsel pintar dengan sistem operasi Android 6.0+, atau ponsel pintar yang sudah memiliki sensor sidik jari.

Kedua, kamu juga harus pastikan bahwa kamu sudah mengunduh aplikasi WhatsApp terbaru. Jika sudah memastikan dua hal tersebut, barulah kamu bisa mengikut tutorial cara mengaktifkan sidik jari di WA, berikut ini:
  1. Masuk ke aplikasi WhatsApp kamu.
  2. Klik menu "Opsi Lainnya" atau "tanda titik 3" di ujung kanan atas tampilan utama WA.
  3. Klik menu "Setelan".
  4. Klik menu "Akun", lalu masuk ke menu "Privasi".
  5. Temukan dan klik menu "Kunci sidik jari".
  6. Klik menu buka kunci dengan sidik jari, untuk cara mengaktifkan kunci sidik jari di WhatsApp kamu.
  7. Setelah itu akan muncul sensor sidik jari, lalu tempelkan sidik jari kamu pada sensor tersebut untuk langkah konformasi sidik jari kamu.
  8. Kamu juga bisa memilih jangka waktu sebelum kunci sidik jari muncul, ketika kamu ingin membuka WA.
  9. Klik menu tampilkan konten di notifikasi, apabila kamu mau melihat isi pesan yang masuk ketika pesan baru datang.

Cara Menonaktifkan Sidik Jari Di WhatsApp

Cara mengunci WhatsApp dengan sidik jari memang bisa membantu keamanan WA kamu. Namun, ada kalanya kamu ingin mengganti mode keamanan dengan cara lainnya. Maka dari itu, kamu perlu menonaktifkan kunci sidik jari di WA kamu.

Adapun langkah yang bisa kamu lakukan agar kunci sidik jari WA tidak aktif lagi adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke aplikasi WhatsApp kamu.
  2. Klik "tanda titik 3" di ujung kanan atas tampilan utama WA.
  3. Masuk ke menu "Akun", lalu ke menu "Privasi".
  4. Temukan dan klik menu "kunci sidik jari".
  5. Lalu, kamu akan melihat fitur kunci dengan sidik jari sedang aktif, kamu bisa klik menu buka kunci dengan sidik jari untuk menonaktifkan fitur tersebut. 

2. Cara Mengaktifkan Sidik Jari WA Di Setelan Telepon

Cara mengunci WA agar tidak bisa dibuka orang lain bisa menggunakan banyak cara, salah satunya dengan sidik jari. Fitur kunci sidik jari ini tidak hanya bisa diatur melalui pengaturan WhatsApp. Kamu juga bisa mengatur kunci sidik jari melalui setelan telepon kamu.

Adapun cara mengaktifkan sidik jari WA di setelan telepon adalah sebagai berikut.
  1. Pastikan ponsel kamu sudah memiliki fitur sensor sidik jari.
  2. Masuk ke menu "Pengaturan" ponselmu.
  3. Klik menu "Advanced Feature".
  4. Temukan dan klik menu "App Lock".
  5. Temukan aplikasi "WhatsApp", lalu klik aplikasi tersebut. 
  6. Kamu bisa memilih fitur kunci sidik jari untuk mengunci WA dengan sidik jari kamu. 
  7. Tempelkan sidik jari kamu untuk mengkonfirmasi.
  8. Dengan begitu WA bisa dibuka dengan sidik jari kamu.

Bagaimana Solusi Jika Fitur Sidik Jari Di WA Tidak Muncul?

Cara mengaktifkan sidik jari WA di setelan telepon maupun di aplikasi WA memang tidak sulit dilakukan. Kamu hanya perlu memastikan bahwa, perangkat ponsel kamu mendukung fitur kunci sidik jari. Selain itu, kamu juga harus pastikan WA kamu sudah terupdate.

Namun, ada kalanya fitur sidik jari malah tidak muncul. Kamu bisa mengikuti 2 cara berikut, sebagai solusi fitur sidik jari WhatsApp tidak muncul.
  1. Hapus berkas-berkas sampah di aplikasi WhatsApp kamu.
  2. Jika kamu sudah mengikuti cara mengunci aplikasi dengan sidik jari, tetapi WA kamu tetap tidak bisa dikunci dengan sidik jari, maka kamu bisa aktifkan fitur kunci sidik jari di pengaturan ponsel kamu terlebih dahulu.

WhatsApp selalu mengembangkan fitur andalan untuk keperluan penggunanya. Fitur sidik jari menjadi cara mengunci WA agar tidak bisa dibuka orang lain, serta bisa kamu aktifkan melalui pengaturan ponsel maupun aplikasi. Namun sayangnya, tidak semua perangkat bisa mengaktifkan fitur ini.

Posting Komentar untuk "Cara Mengunci WhatsApp (WA) Dengan Sidik Jari Tanpa Aplikasi"